SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

29.9.09

APA KATA ORANG AWAM TENTANG DESAIN GRAFIS

Di Youtube.com anda bisa melihat apa itu desain grafis menurut orang awam. Itu di Barat. Ternyata jawaban di Indonesia juga tak jauh berbeda, mungkin lebih parah. Saya pernah mencoba membuat riset spontan (anda juga bisa karena mudah melakukannya). Tanyakan saja pada orang sekeliling anda.
Di kampus, di pasar, di mall, di sekolah, di jalan. Kesimpulan sementara (semoga berubah), desain grafis itu identik dengan komputer. Maksudnya mungkin kecanggihan komputer. Mungkin ada jawaban-jawaban yang lain, namun nadanya serupa, yakni publik belum memahami desain grafis secara memadai. Kalau ditanya tentang apakah makna desain grafis bagi anda maka lain jawaban desainer lain pula publik, bukan saja lain tetapi terdapat jurang yang dalam. Menurut  desainer Adrian Shaughnessy dalam salah satu artikelnya di situs designobserver, desainer grafis begitu peduli terhadap profesinya, namun tidak demikian halnya dengan sikap publik yang sebenarnya menjadi sasaran pesan grafis. Publik setiap hari tenggelam di dalam pesan visual desain grafis namun mereka tidak sadar. Tidak heran bila masyarakat rentan terhadap propaganda, manipulasi, penyesatan  dan cuci otak yang dilakukan dengan perantaraan desain komunikasi visual.