Gambar punya pengaruh dalam kehidupan kita. Gambar-gambar yang bertubi-tubi membombardir indera kita, mengelilingi kita, bahkan 'mencuci otak' kita dan bertanggung jawab atas hasrat, imaji, gagasan, imajinasi yang ada dibenak kita.
Terkadang luar biasa kuatnya gambar hingga mampu mengendalikan perasaan, pikiran dan kehendak kita. Inilah 'Tenaga Luar' (Meminjam istilah pakar kreativitas prof. DR. Primadi). Tenaga luar di sini adalah gambar-gambar yang datang dari luar dan dibiarkan membentuk mental kita.
Terkadang luar biasa kuatnya gambar hingga mampu mengendalikan perasaan, pikiran dan kehendak kita. Inilah 'Tenaga Luar' (Meminjam istilah pakar kreativitas prof. DR. Primadi). Tenaga luar di sini adalah gambar-gambar yang datang dari luar dan dibiarkan membentuk mental kita.
Periklanan modern amat mengandalkan kekuatan ini. Lihat saja bagaimana iklan berupaya mempengaruhi manusia melalui siasat visual :
repetition, atmospher, size, eye cacther, trigger,reminder. Manusia memang bukan robot, tetapi ia bisa dipengaruhi dan dikendalikan dengan berbagai siasat di atas (Contoh nyata di tanah air adalah kampanye capres yang lalu, lihatlah bagaimana semua siasat tadi digunakan) sehingga gambar-gambar yang dikehendaki dapat tetap dipelihara dan hidup dikepala kita, tentu demi keuntungan pengiklan!
Keterangan Gambar:People Pixel di RRC menciptakan gambar gigantik Mao: Cuci otak melalui tenaga luar Size.
Keterangan Gambar:People Pixel di RRC menciptakan gambar gigantik Mao: Cuci otak melalui tenaga luar Size.