SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

21.9.08

KARTUN KOMENTAR

Kita dapat membuat Kartun Komentar. Yakni kartun yang dibuat untuk mengomentari isu hangat di masyarakat. Apa bedanya dengan karikatur? Ada bedanya...., Sesuai dengan namanya Kartun Komentar adalah
kartun yang dibuat untuk mengomentari suatu kejadian hangat di tengah masyarakat. Yah, ibarat komentar verbal yang bersifat spontan (namanya juga komentar), kartun komentar dibuat dengan cara visual (gaya kartun) dan disampaikan spontan pula. Oleh karena itu media yang cocok adalah blog atau media internet lainnya. Pendek kata media harus memungkinkan komentar visual dapat segera dibuat dan ditayangkan. Begitu ada berita di koran/TV, komentar bisa diluncurkan. Untuk jelasnya ada beberapa contoh yang telah ditampilkan di http://idemerdekaku.blogdetik.com/.

Ini Kartun untuk merespon banyaknya kecelakaan di escalator akhir-akhir ini. Korbannya umumnya anak-anak kecil yang seharusnya masih di bawah pengawasan orang tuanya.
Kalau ini kartun yang mengomentari maraknya penggunaan limbah pabrik jaket dan sepatu untuk krecek, artinya diolah lagi dan dijual sebagai makanan. Namanya juga komentar, jenis kartun ini tak seberat karikatur, namun reaksi visualah yang menarik untuk dilihat. Karkom bisa sekadar kartasis, plesetan, kritikan ide segar dstnya.