SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

13.4.08

Grafikota 5: Perlunya Desainer Grafis Kota

Desainer grafis amat dibutuhkan kota. Memang di kota telah banyak bertebaran para perancang grafis bekerja sebagai desainer kemasan, iklan, kaos, signage, poster, brosur Yang bekerja di sektor industri. Namun belum terdengar desainer grafis yang bekerja dalam konteks penataan grafis perkotaan. Sudah saatnya pengelola kota menggaji desainer grafis untuk menata iklan-iklan yang bertebaran. Selain itu
desainer dapat ikut menyeleksi iklan yang tampil disuatu jalan tertentu. Selain kuantitas, tentu faktor kualitas iklan bisa jadi bahan pertimbangan desainer. Kualitas iklan dengan lingkungan dimana iklan ditempatkan. Pertimbangan desainer iklan memang jangan hanya target sasaran iklan belaka, tetapi juga lingkungan dimana iklan ditempatkan harus menjadi bahan pertimbangan desain iklan. Desainer grafis kota ibarat komponis yang meramu desain grafis kota menjadi satu simfoni indah. Desainer grafis kota juga ibarat dirigen, yang mengkomandoi orkes besar kota.