SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

27.3.08

Proses Komunikasi Majalah Indie

Majalah Indie dapat diapresiasi sebagai 'kreatif' atau 'unik' hanya bila majalah indie tersebut dilihat dalam hubungannya dengan majalah biasa dipasaran. Diagram berikut menjelaskannya:
Masyarakat (1) telah terkondisikan dengan majalah yang umum beredar dipasaran. Artinya dibenak mereka telah ada gambaran majalah itu apa, seperti apa, bagaimana majalah dipasarkan, isi pada umumnya, bentuknya dstnya. Karakteristik majalah resmi(3) sangat jelas: Ada misi institusi/partai/aliran politik tertentu, bahkan seringkali dikte bisnis. (4)Majalah Indie: Lahir dalam konteks majalah resmi, majalah Indie kerapkali mewadahi kebutuhan yang tak terpenuhi oleh majalah resmi.Bahkan bisa pula majalah Indie menjadi semacam arus balik/alternatif melawan kemapanan majalah resmi. (2)Masyarakat mempersepsi majalah Indie (4) melalui kacamata majalah resmi(3). Sebab itu penting sekali mempelajari seluk beluk majalah resmi/non Indie, sebelum mendesain majalah Indie.