SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

10.3.08

Grafis Narsis

Istilah Narsis kerap terucap dalam bahasa gaul anak muda sekarang. Narsis dipakai untuk menyebut upaya menonjolkan ego seseorang. Ini pengertian narsis anak muda, sedang pengertian asali Narsis sendiri berasal mitologi Yunani tentang seorang pemuda bernama Narcissus yang mengagumi ketampanan dirinya ketika berkaca disuatu kolam.Ia begitu tenggelam mengagumi ketampanannya sampai benar benar tenggelam ke dalam air.
Kata narsis dalam Grafis Narsis cenderung ke pengertian narsisnya anak muda. Jadi, Grafis Narsis merupakan satu proyek grafis tentang promosi diri desainer, oleh desainer dan untuk desainer. Kata Narsis disini konteksnya adalah mengingat desainer yang selalu bekerja untuk klien atau orang lain. Kini, mengapa tidak, desainer menjadi klien untuk dirinya sendiri. Mahasiswa diminta untuk membuat desain grafis 2 dimensi atau 3 dimensi untuk mempromosikan diri sebagai desainer. Desain tersebut harus 1.Memorable: Mudah diingat, berkesan di benak konsumen. 2.Colectible: Upayakan orang ingin mengoleksi benda grafis yang dibuat. 3.Credible: Desain punya wibawa yang memadai untuk menggambarkan kemampuan sebagai desainer. Bila tipografi, ia meyakinkan konsumen bahwa anda kuat di tipografi. Langkah pertama mahasiswa harus melakukan tafsir diri. Apa, Siapa saya? Kekuatan dan kelemahan saya sebagai desainer? Tentu tugas ini lebih tepat diberikan pada mahasiswa tingkat lanjut. Mahasiswa diberi pertanyaan-pertanyaan yang selain menggugah alam sadarnya juga menggugah alam bawah sadarnya. Salah satu contoh pertanyaan alam bawah sadar: Kalau kamu jadi binatang pilih jadi binatang apa? Setelah itu ia meneliti dunia desain grafis. Apa lingkup pekejaan grafis, apa pekerjaan desainer. Ia akan menemukan bahwa ada children book illustrator, scientific illustration, Toys designer, packaging designer, fashion graphics, book designer, magazine designer, Dan masih banyak lagi. Proses ini penting. Sebab bagaimana mahasiswa dapat mempromosikan dirinya bila ia tak mengenal diri sebagai desainer grafis, bila tak kenal dunia grafis. Langkah yang tak kalah pentingnya adalah mengenal siapa sasaran pesan desainnya? Apakah untuk anak muda? Pengusaha? Wanita?
Contoh karya di atas karya Eric Gideon