SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

11.2.08

Sketsa = Eksplorasi Dunia Ide

Membuat sketsa! Mahasiswa seni rupa atau mereka yang berkecimpung di dunia rupa pasti tahu sketsa. Sketsa sering dianggap sepele, mungkin karena sketsa menyiratkan karya belum jadi. Sketsa sering di hindarkan mahasiswa tertentu, karena dianggap membebani.
Padahal sketsa bukan sekedar salah satu tahapan dari karya final. Sketsa juga merupakan eksplorasi atau penjelajahan ke alam imajinasi dan bawah sadar kita. Desainer atau seniman sering berpikir secara visual dan mampu menelurkan banyak gagasan brilian. Namun gagasan akan terhapus bak embun terkena mentari dalam benak kita. Gagasan perlu direkam secara cepat. Saat ini satu-satunya alat perekam adalah sketsa. Untuk merekamnya perlu keberanian, niat dan disiplin diri membiasakan diri berpikir di atas kertas, bereksplorasi di atas kertas. Corat-coret ide matang, setengah matang, embrio atau ide jelas atau kabur patut direkam sketsa.
Buatlah sketsa ketika ada brief/proyek.
Buatlah cepat, kecil dan banyak.
Buatlah dan siaplah kapanpun, pagi, siang,malam, di WC, sebab ide bisa datang kapanpun.
Buatlah sketsa sekalipun tak ada tugas, just for fun. Bukankah pikiran anda juga aktif terus?
Buatlah sketsa tentang proyek desain, lukisan, pemikiran, problem yang di hadapi.
Simpan semua sketsa karena suatu saat ia pasti bermanfaat.