SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

12.11.07

Pesan Baru dari Pesan yang Lama

Semua orang tahu makna gambar hati berwarna merah , yaitu “cinta”. Bentuk hati ini ada dimana mana, kertas kado, boneka, kemasan, piring, kaos, permen, alat tulis, kartu ucapan. Entah mulai kapan ia hadir, namun sampai sekarang masyarakat masih menggunakannya secara bebas. Gambar hati ini telah menjadi semacam bahasa visual atau icon tentang cinta. Terkadang jenuh juga melihatnya. Kemudian, orang mengembangkannya dengan memberi panah yang menembusnya (jatuh cinta/kasmaran), atau dengan memberi retakan ditengahnya (patah hati). Dalam desain grafis, pesan yang jenuh/klise dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan lain (Pesan baru dari pesan lama). Semakin ia dikenal masyarakat semakin baik potensinya. Gambar- gambar hati di atas contohnya. Ia di buat oleh para mahasiswa desain grafis peserta kuliah retorika visual. Mereka mecoba mengolah icon hati secara visual. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan dari aspek visual, artinya operasi penambahan, pengurangan, penggantian dicoba dilakukan terhadap semua elemen visual (titik, garis, warna dstnya). Kesimpulannya: Mengubah visual berarti mengubah makna. Karya mahasiswa peserta kuliah retorika visual Universitas Kristen Maranatha Bandung: Kelyn, Cindy, Novi, Oli....