SELAMAT DATANG

T
erima kasih Anda telah mengunjungi Grafikologia.

Grafikologia menyajikan menu bergizi seputar dunia desain grafis: ada teori desain, gambar, tipografi, strategi komunikasi, konsep visual, retorika visual, budaya visual, strategi media, membahas/memajang karya para mahasiswa dan tak lupa sedikit tips desain. Selamat menikmati grafikologia!

salam saya,

Rene Arthur

5.11.07

grafikologia: Apa & Mengapa

nama Grafikologia berasal dari gabungan kata
grafis (desain grafis)
dan logi (ilmu).
Blog ini memang berisi hal hal seputar dunia desain grafis seperti grafis untuk keperluan persuasi, informasi, instruksional, entertainment dan identitas dan seterusnya.
Lalu apa maksudnya kata logi(ilmu).Untuk istilah Logi di sini silakan Anda tafsirkan sebagai suatu disiplin ilmu. Mengingat desain grafis (sebagai bagian seni rupa) kini telah didukung oleh ilmu komunikasi,psikologi,antropologi,semiotika,marketing,teknologi informasi dsbnya.Pergaulan desain grafis dengan pelbagai disiplin ini akhirnya akan melahirkan ilmu desain grafis.Sebagai contoh ilmu desain grafis: retorika visual, konsep visual,sejarah desain grafis,analisa desain grafis.

Bunyi akhiran kologi juga menyiratkan makna lingkungan,seperti dalam ekologi. Maksudnya tentu adalah lingkungan/dunia desain grafis.Itulah yang kita bahas dalam blog ini: dunia desain grafis.

Di samping itu, istilah logi yang berarti ilmu dapat pula dikaitkan dengan latar belakang penulis sebagai pendidik di bidang desain komunikasi visual.

Akhir kata, sekalipun tujuan utama pembuatan blog ini adalah untuk para mahasiswa yang saya ajar,blog ini dapat pula dimanfaatkan oleh pencinta desain grafis.