
Misalnya untuk proyek desain papan nama Tahu Gejrot. Kita bisa analisa dengan what/where/when/who/why/how(5W1H). Apa tahu gejrot itu, terbuat dari bahan?Dimana dijual?Kapan saat mengkonsumsi?Siapa konsumen utama?Mengapa anak remaja suka?Bagaimana cara menjualnya?Bagaimana membuatnya? Masih banyak pertanyaan bisa diajukan. Singkatnya 5W1H membantu kita mengembangkan analisa.Kedua, untuk mengelompokkan data riset. Setelah data bertumpuk, biasanya desainer bingung, mau diapakan data segudang ini? Nah, dengan mengelompokkan data berdasarkan what, when, why, who dstnya, maka niscaya data akan teratur serta mudah digarap. Agar mudah diingat, saya membuat tampilan grafis seperti diatas. ‘Logo’ WH di atas mengandung angka romawi ‘v’ pada ‘w’ untuk menyatakan 5W, sedang pada ‘h’ terdapat angka ‘1’, untuk menyatakan bahwa ‘h’nya satu.